Alamat Repository Blankon 8 Rote Berubah (Lagi)

BAGIAN INI DISENSOR KARENA SUATU ALASAN. Saya pakai Keryx untuk download aplikasi, nggak bisa. Saya terpaksa install menggunakan sudo apt-get install dengan koneksi Internet yang super lambat (pada waktu itu), tetap juga nggap bisa.

Selidik punya selidik, saya periksa isi /etc/apt/sources.list dan ternyata, alamat repository sudah tidak berlaku lagi! Saya buka di situs resmi Blankon 8 Rote, eh nggak ada pemberitahuan babar blas (pada waktu itu).

Maka saya pun iseng-iseng membuka arsip.blankonlinux.or.id dan jreng... Ternyata alamat repositorynya pindah ke sini!!!

Pantas saja!!!

Tapi sudahlah. Anggap saja posting ini sebagai pemberitahuan tidak resmi (unofficial announcement, bahasa Jawa dialek pasarnya begitu) bahwa alamat repository Blankon 8 Rote sudah berubah (lagi).

Jika kamu punya koneksi Internet yang cukup lumayan (seperti yang saya miliki sekarang ini. Alhamdulillah...), kamu cukup ganti isi file /etc/apt/sources.list caranya,

$ sudo gedit /etc/apt/sources.list

Dan ganti menjadi sebagai berikut,
deb http://arsip.blankonlinux.or.id/blankon rote main restricted extras extras-restricted
deb http://arsip.blankonlinux.or.id/blankon rote-security main restricted extras extras-restricted
deb http://arsip.blankonlinux.or.id/blankon rote-updates main restricted extras extras-restricted

Simpan lagi.

Atau jika koneksi Internet kamu ngos-ngosan, kamu download file blankon8-update-repo.tar.gz di warnet dan ikuti petunjuk seperti tertera di sini.

3 komentar:

  1. loh kan itu waktu development seharusnya anda nanya ke milis blankon/dev-blankon. alamat lama sih memang arsip-dev.blankonlinux.or.id/blankon-debian dan oh ya memang rote waktu pakai alamat repository lama pakai alamat itu. setelah rilis pakai arsip.blankonlinux.or.id/blankon.mohon di ralat kata2 anda yang menjengkelkan itu mencerminkan pribadi anda.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekedar catatan kepada Bung Anonim. Sebelum rilis, saya mengikuti terus perkembangan rilis Blankon 8 Rote mulai dari Jahitan 1, rilis harian, sampai akhirnya rilis tanggal 17 Agustus 2012.

      Dan saya juga tahu dan ingat betul tentang pengumuman perpindahan alamat repository saat masih tahap development.

      Sekedar catatan juga, justru saya mendapat alamat repository blankon dengan awalan "dev" KETIKA saya download versi final (bukan development). Ini sungguhan saya nggak rekayasa (malah sebenarnya saya sendiri sejak kali pertama install versi final tidak pernah mengecek /etc/apt/sources.list.

      Tetapi ketika saya sudo apt-get update berkali-kali gagal, saya akhirnya iseng mengunjungi alamat repository blankon yang ada di sources.list. Eh, ternyata sudah berubah lagi.

      Oke saya minta maaf kepada Anonim. Sekarang kata itu sudah saya hapus. Sekali lagi saya mohon maaf.

      Saya tidak ada maksud apa-apa. Kata-kata saya ini memang mencerminkan pribadi saya, atau, lebih tepatnya lagi, mewakili End User. Mohon hal ini juga menjadi bahan pertimbangan.

      Saya sangat berharap Blankon 8 Rote ini merakyat. Maka dari itu, saat ini saya juga sedang melakukan penelitian terhadap Blankon 8 Rote supaya lebih bisa diterima dan diterapkan oleh para pengguna awam.

      Saya sebenarnya sudah hendak melaporkan melalui tiket, tetapi selama beberapa hari, alamat dev.blankonlinux.or.id tidak pernah bisa diakses (pada waktu itu).

      Kurang dan lebihnya saya mohon maaf.

      Hapus
  2. kata-kata yang disensor itu aslinya apa sih Oom? kepo nih. pm dong. hahaha.

    tapi ya wajar deh, respon end user juga beragam. apalagi jika baru belajar. beberapa kali saya juga hampir mutung kok pakai blankon, saya pengguna biasa bukan geek. klo memang blankon disasarkan khusus buat pengguna geek, ya mohon dipasang dong di catatan rilisnya. tanya temen2 yang di irc blankon, seringkali divonis terlalu cepat, katanya gak mau googling. padahal gara-gara ga nemu jawaban di google aja terpaksa main ke irc blankon.

    atas nama nasionalisme saja masih pakai blankon, biarpun sering ketemu masalah dan para pegiatnya terkesan ga empatik ;-)

    BalasHapus