Menempatkan /home di partisi sendiri

Maaf jika judulnya kurang jelas. Tapi jika kamu menemukan halaman ini, mungkin memang inilah yang kamu cari.

Artikel ini terinspirasi dari Mas Boja tentang Menginstall Blankon 8 Rote Advanced. Di situ dijelaskan panjang lebar tentang bagaimana menginstall Blankon 8 Rote dan menggunakan partisi sendiri untuk direktori /home persis seperti membuat partisi sendiri untuk Data di Windows.



Di sini saya tidak mengulangi pembahasan yang telah disampaikan Mas Boja, hanya saja saya ingin menunjukkan cara yang lebih cepat.

Saya asumsikan di sini Anda sudah melakukan instalasi Blankon 8 Rote dan memiliki partisi sendiri dan siap digunakan untuk partisi /home.

Buka terminal, dan ketik perintah

$ df

Perintah sederhana di atas berfungsi menampilkan daftar partisi yang ada di komputer. Ini hanya meyakinkan kita device mana yang benar-benar akan kita gunakan untuk /home. Pada kasus saya, saya menggunakan /dev/sda8.

Sekarang Anda buka file /etc/fstab dengan cara buka terminal, ketik,

$ sudo gedit /etc/fstab

Di situ sudah ada satu baris. Pada kasus saya, isinya sebagai berikut,

/dev/sda6 none swap sw 0 0

Nah, sekarang kita menambahkan baris kedua, isinya antara lain,

/dev/sda8 /home ext3 defaults 0 0

Anda bisa perhatikan di atas bahwa /dev/sda8 adalah device partisi yang saya gunakan untuk /home. Pada kasus Anda mungkin sekali berbeda. Sekali lagi cek dengan perintah "df" untuk lebih meyakinkan.

Setelah selesai, simpan dan keluar dari teks editor. Kemudian ketikkan

$ sudo mount -a

Dengan cara ini, kita tidak perlu pusing soal UUID, uid, dan gid (hayo apa artinya itu...).

1 komentar: