Dropbox: Media Penyimpanan Online Terbaik



Teman-teman pasti sudah tahu tentang Mediafire, 4Shared, Rapidshare, Easyshare, Ziddu, dlsb. Semua yang saya sebut dan yang tidak saya sebut adalah beberapa situs media penyimpanan online.

Tentu teman-teman juga sudah tahu lah cara kerjanya. Ada satu media penyimpanan yang, menurut saya, adalah yang terbaik: Dropbox. Kenapa? Secara saya sudah pakai Dropbox 1 tahun lebih dan nyaman banget.

Adapun kelebihan Dropbox dibandingkan media penyimpanan online lainnya adalah,

100% Gratis

Ciyus? Nggak juga sih. Dropbox menawarkan dua jenis akun, yang gratis dan yang berbayar. Untuk yang gratis saja, kita dapat 2GB! Wow... gede banget kan.

Lalu apa kelebihan yang berbayar? Tentu saja space nya lebih besar. Mulai 100GB $9.99/bulan, 200GB $19.99/bulan, dan 500GB 49.99/bulan. Ada juga paket untuk Tim yang bisa kamu baca sendiri.

Gratis sampai 18GB

Yup betul sekali. Awalnya kita cuma dapat 2GB tapi kita bisa punya peluang mendapatkan sampai 18 GB gratis tis. Saya sendiri sekarang sudah dapat 3 GB. Caranya bagaimana?

Sistem Referal

Cara mendapatkan tambahan space gratis adalah dengan mengajak teman-teman lain untuk menggunakan Dropbox juga. Nantinya setelah kamu daftar kamu akan dapat link referral. Setiap orang-orang yang mendaftar melalui link referral kamu, maka kamu dapat 500GB per pendaftaran dan per usage (wah istilah ini mengingatkanku ketika aku masih jadi sales Telkom Speedy... hiks.....).

Semuanya gratis kok. Kecuali kalau kamu memang ingin jadi member pro.

Oh iya... Jangan lupa gabung lewat referral saya ya. Hehehe... Tidak dipungut biaya kok...

Direct Link

Inilah fitur andalan yang saya andalkan (ah kata-kata mbulet), dan inilah yang membedakan Dropbox dengan media penyimpanan online lainnya. Dengan memiliki akun Dropbox, kita seakan-akan memiliki hosting sendiri (meskipun sebenarnya tidak).

File-file yang kita upload di Dropbox yang dimasukkan ke dalam folder Public, semuanya memiliki direct link yang URL nya sama. Jadi kita nggak perlu pusing soal bagaimana link yang akan jadi nanti. Bandingkan dengan media penyimpanan lain yang harus dikunjungi dulu.

Dengan menggunakan Dropbox, link yang kita berikan dapat langsung didownload dengan menggunakan Download Manager.

Contohnya, untuk akun saya, link nya (semisal): http://dl.dropbox.com/u/17145089/blah/blah/blah.jpg

Jadi kita hanya perlu menghapal nomor ID kita dan kita sudah bisa menebak direct link dari sebuah file yang kita upload (atau bahkan belum diupload sekalipun).

Kalau Anda perhatikan dengan seksama dan dalam tempo jang sesingkat-singkatnja, gambar-gambar di blog ini juga saya upload ke Dropbox.

Coba kalau Anda punya akun di Mediafire, 4Shared, Ziddu apakah mereka menyediakan fasilitas direct link? Nggak ada. Saat download kita wajib mengunjungi website yang bersangkutan dan melakukan klik manual.

Sementara dengan Dropbox, kita bisa share suatu file/direktori kepada orang lain secara langsung dengan menyebut direct link sehingga dapat langsung didownload.

Punya software client crossplatform


Ini lagi fitur tambahan yang nggak kalah serunya. Dropbox memiliki aplikasi klien yang tersedia untuk sistem operasi Windows, Linux, Mac, dan bahkan mobile. Jadi jika kita install aplikasi Dropbox client ini di komputer kita, kita dapat dengan mudah melihat dan mengedit file-file yang ada di akun Dropbox kita. Tentu saja fitur ini hanya akan berguna jika kita tersambung ke Internet. Kalau bahasa Jawanya, bisa sinkron.

Sementara itu, kendala di Indonesia adalah, kita tidak bisa membayar Internet dengan menggunakan daun singkong!

Coba Dropbox

Saya sudah pakai selama 1 tahun lebih lho... Dan Dropbox sangat banyak membantu saya dalam urusan sharing file. Banyak kok file-file yang saya share di blog ini saya menggunakan Dropbox.

Masih penasaran? Atau bahkan kurang yakin? Buktikan sendiri.

Anda tidak harus gabung lewat referral saya. Tapi kalau Anda bergabung, saya ucapkan banyak terima. Oh iya, saya ingatkan sekali lagi, layanan ini gratis lho...

1 komentar:

  1. koq dropbox yg aq download gag ada public link nya ya,,,,

    BalasHapus