Memperkecil Tampilan Blankon 8 Rote

Assalamualaikum Wr. Wb.

Sebelumnya saya mohon maaf karena jarang update. Alasan saya masih tetap sama seperti yang dulu: sibuk. (Ciyus? Miyapah?) Eh kok jadi ikut-ikutan alay. Ye... ye... ye... ha ha ha ha... (waduh jadi alay beneran nih. Tolong.....

Kamu sudah install Blankon 8 Rote belum? Kalo belum coba kamu install dan bandingkan performanya dengan sistem operasi Jendela (you know what lah...).

Dari sekian banyak disro Linux yang pernah saya coba, saya sangat terkesan dengan Blankon 8 Rote. Yang lebih membanggakan lagi, distro Linux yang satu ini buatan anak negeri sendiri lho. Memang sih Blankon 8 Rote ini nggak seterkenal distro lainnya, tetapi soal performa sangat bisa diadu dengan distro yang paling terkenal di dunia: Linux Mint. Secara sebelum saya pakai Blankon 8 Rote, saya sudah lama juga pakai Linux Mint.

Aduh kok jadi melenceng dari judul? Yuk kita kembali yuk... Sekarang kita serius ya. Kita akan membahas sesuai judul posting ini. (Lha berarti dari tadi kita nggak serius?)

Orang yang baru pertama menggunakan Linux pasti (atau hampir pasti) merasa bahwa font-font untuk tampilan aplikasi terlalu besar. Setidaknya, bagi saya.

Bagi sebagian orang hal itu tidak masalah. Tapi bagi sebagian orang yang lain (jangan-jangan cuma saya sendiri yang mempermasalahkan?), tampilan yang terlalu besar dapat memberi kesan area kerja yang TERLALU PENUH. SUMPEK. SEMPIT.

Tidak cuma itu saja, laptop saya ini terbilang kecil. Siapa yang nggak tahu betapa kecilnya Axioo Pico. Resolusi paling pol 1024x600. Belum lagi dikurangi panel di bagian atas. Lebih sempit lagi.

Saya sudah coba menelusuri pengaturan di Settings tetapi tidak ketemu. Akhirnya saya punya ide. Waktu itu di Linux Mint saya menggunakan Gnome Tweak Tool untuk mengotak-atik
tampilan Gnome 3. Maka saya pun mencoba cara itu di Blankon 8 Rote.

Jika mesin Linux kamu punya koneksi Internet, kamu dengan mudah bisa install aplikasi Gnome Tweak Tool menggunakan perintah,

$ sudo apt-get install gnome-tweak-tool

Setelah terinstall, kamu bisa jalankan lewat menu Blankon, ke Preferences > Advanced Settings.

Gnome Tweak Tool

Saya ubah angka-angka dari 12 menjadi 8.

Gnome Tweak Tool Ubah Font di Blankon 8 Rote

Nah kamu bisa bandingkan sendiri kan dua gambar di atas. Begitu kita ubah nilainya, maka akan secara otomatis tampilan juga berubah. Kini saya pun bisa bekerja dengan leluasa karena saya merasa desktop saya luas meskipun tidak lebih luas dari yang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar